banner
section title

Detail Berita

DAFTAR LENGKAP KODE PLAT NOMOR KENDARAAN DI SELURUH INDONESIA, CEK DI SINI!

18 Maret 2022

Sebagaimana kita ketahui, setiap kendaraan bermotor wajib memiliki plat nomor sebagai salah satu identitas kepemilikan selain STNK dan BPKB. Plat nomor diberikan oleh pihak yang berwajib, dalam hal ini pihak kepolisian, setiap kali ada kendaraan baik mobil maupun motor yang baru dibeli oleh konsumen. Fungsi utama dari sebuah plat nomor adalah untuk mengidentifikasi kepemilikan sebuah kendaraan secara langsung, karena plat nomor wajib ditempel pada setiap kendaraan.


Bukan hanya sebagai identitas, plat nomor kendaraan juga memiliki fungsi lain, yaitu untuk memberikan informasi bahwa mobil tersebut telah mendapatkan izin untuk dapat digunakan secara bebas di jalan raya.


Di Indonesia, plat nomor kendaraan memiliki kode tersendiri berdasarkan masing-masing kota di mana izin untuk kendaraan tersebut dikeluarkan. Untuk kota Jakarta misalnya, kode plat nomor kendaraan resmi dari pihak berwajib ditandai dengan awalan huruf B. Lalu bagaimana dengan kota-kota lain yang ada di Indonesia? Huruf apa yang digunakan dan ada berapa banyak kode kendaraan bermotor yang resmi terdaftar? Simak ulasan lengkap kami berikut ini.

Mengenal Daftar Plat Nomor di Indonesia

Anda mungkin sudah mengetahui dan mengenal sebagian kode plat nomor kendaraan yang terdaftar di Indonesia, namun sebagian besar lainnya pasti belum mengetahuinya. Berikut kami sampaikan daftar lengkap kode plat nomor kendaraan yang ada di seluruh Indonesia di mana terdapat 55 kode yang digunakan. 

  1. Kode Plat Nomor Kendaraan di Banten & DKI Jakarta

A

Kode plat nomor yang menggunakan huruf A adalah untuk kendaraan yang berasal dari provinsi Banten. Adapun wilayah-wilayah di dalam provinsi Banten yang menggunakan kode huruf A antara lain Tangerang, Cilegon, Lebak, Serang, dan Pandeglang. 


B

Seluruh masyarakat Indonesia sepertinya sudah mengenal kode plat nomor kendaraan yang satu ini. Huruf B merupakan kode plat nomor kendaraan yang digunakan untuk kendaraan bermotor yang berasal dari DKI Jakarta. Selain itu, kode huruf B juga digunakan untuk kendaraan bermotor dari Bekasi dan Depok. 

  1. Kode Plat Nomor Kendaraan di Jawa Tengah

Selanjutnya, untuk provinsi Jawa Tengah, terdapat beberapa kode plat nomor yang digunakan berdasarkan pada wilayah dan area masing-masing. Adapun daftar kode plat nomor kendaraan bermotor yang ada di Jawa Tengah adalah sebagai berikut:


AA

AA merupakan kode plat nomor kendaraan untuk wilayah Kedu, Purworejo, Temanggung, Magelang, Wonosobo, dan Kebumen. 


AD

Wilayah Boyolali, Klaten, Wonogiri, Sukoharjo, Surakarta, Karanganyar, dan Sragen memiliki kode nomor kendaraan yang berbeda, yakni AD. 


K

Sedangkan plat nomor dengan huruf K merupakan kode nomor polisi untuk daerah Cepu, Pati, Kudus, Jepara, Grobogan, Rembang, dan Blora. 


R

Selanjutnya untuk wilayah-wilayah yang menggunakan huruf R pada plat nomor kendaraannya merupakan kendaraan yang berasal dari Banjarnegara, Banyumas, Cilacap, dan Purbalingga. 


G

Huruf G digunakan pada kendaraan yang berasal dari daerah Brebes, Pemalang, Batang, Tegal, dan Pekalongan. 


H

Adapun kode plat nomor dengan huruf H, digunakan untuk kendaraan yang berasal dari wilayah-wilayah berikut ini, yaitu Salatiga, Semarang, Kendal, dan Demak. 

  1. Kode Plat Nomor Kendaraan di Daerah Istimewa Yogyakarta

Lalu, untuk DIY atau Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki kode plat nomor khusus pula, yakni AB. Namun uniknya, untuk kendaraan-kendaraan yang berasal dari provinsi ini memiliki kode huruf belakang yang berbeda-beda sesuai dengan masing-masing wilayah kota atau kabupaten. 


AB 

Berikut kode huruf belakang selengkapnya untuk masing-masing Kota / Kabupaten.

Kota Yogyakarta dengan huruf belakang A/F/H/I/S contoh: AB 1234 AK 

Kab. Bantul dengan huruf belakang B/G/J/K/T contoh: AB 1234 BI 

Kab. Gunung Kidul dengan huruf belakang D/M/W contoh: AB 1234 DI 

Kab. Kulon Progo dengan huruf belakang C/L/P/V contoh: AB 1234 CV 

Kab. Sleman dengan huruf belakang E/N/Q/U/Y/Z contoh: AB 1234 E 

  1. Kode Plat Nomor Kendaraan di Jawa Barat

Untuk Provinsi Jawa Barat, plat nomor kendaraan terbagi ke dalam lima kode plat nomor untuk beberapa wilayah yang berbeda. Berikut daftar kode plat nomor kendaraan selengkap untuk wilayah-wilayah yang ada di dalam provinsi Jawa Barat.


D

Huruf D digunakan untuk plat nomor kendaraan yang berasal dari wilayah Bandung, Bandung Barat, dan Cimahi. 


F

Huruf F merupakan kode plat nomor kendaraan yang berasal dari dari Bogor, Sukabumi, dan Cianjur. 


E

Plat nomor kendaraan yang diawali dengan huruf E dapat dipastikan merupakan kendaraan-kendaraan yang berasal dari daerah Kuningan, Cirebon, Majalengka, dan Indramayu. 


Z

Sementara itu, untuk huruf Z digunakan sebagai kode plat nomor kendaraan bermotor yang berasal dari Banjar, Garut, Ciamis, Tasikmalaya, dan Sumedang. 


T

Sedangkan untuk plat nomor kendaraan yang diawali dengan huruf T merupakan kendaraan bermotor yang berasal dari Subang, Purwakarta, dan Karawang.


Baca Juga: Daftar Mobil Keluarga Terpopuler dan Terbaik di Indonesia

  1. Kode Plat Nomor Kendaraan di Jawa Timur

Provinsi Jawa Timur menggunakan 8 kode plat nomor kendaraan yang berbeda untuk beberapa wilayahnya, berikut ini ke-8 kode yang digunakan tersebut.


AG

Plat nomor kendaraan dengan kode AG merupakan plat nomor yang berasal dari Tulungagung, Kediri, Blitar, Trenggalek, dan Nganjuk. 


AE

Adapun untuk wilayah Ngawi, Madiun, Pacitan, Ponorogo, dan Magetan menggunakan kode plat nomor kendaraan dengan awalan AE. 


L

Lalu huruf L merupakan kode plat nomor yang digunakan untuk kendaraan dari daerah ibu kota provinsi Jawa Timur, Surabaya. 


M

Plat M merupakan kode plat nomor yang digunakan untuk kendaraan-kendaraan yang berasal dari Pulau Madura yang meliputi wilayah Bangkalan, Sampang, Sumenep, dan Pamekasan. 


N

Plat N adalah plat untuk kendaraan bermotor yang berasal dari kota Malang, Pasuruan, Probolinggo, Batu, dan Lumajang. 


S

Plat S digunakan untuk kendaraan yang berasal dari Tuban, Jombang, Bojonegoro, Lamongan, dan Mojokerto. 


W

Gresik dan Sidoarjo memiliki kode plat nomor W untuk kendaraan-kendaraan yang berasal dari wilayah ini.. 


P

Untuk kendaraan yang menggunakan huruf P pada plat nomor yang digunakan, berarti kendaraan tersebut berasal dari wilayah Banyuwangi, Besuki, Bondowoso, Jember, dan Situbondo. 

  1. Kode Plat Nomor kendaraan di Bali dan Nusa Tenggara

Selanjutnya kita akan mengetahui kode plat nomor kendaraan dari wilayah tengah Indonesia, khususnya Bali dan Nusa Tenggara. Berikut daftar kode nomor kendaraan yang berasal dari kedua wilayah tersebut.


DK

Untuk wilayah Bali, kode plat nomor kendaraan yang digunakan adalah DK, dan sebagian besar orang mungkin sudah familiar dengan kode plat nomor ini. 


ED

Kode ED adalah untuk plat nomor kendaraan yang berasal dari daerah Sumba Timur dan Sumba Barat. 


EA

Adapun untuk daerah Sumbawa, Bima, Dompu, dan Sumbawa Barat menggunakan kode EA pada plat nomor polisi yang digunakan. 


EB

Terdapat 9 wilayah di Nusa Tenggara yang plat nomor kendaraannya didahului oleh kode EB yaitu untuk wilayah Alor, Lembata, Sikka, Ende, Ngada, Flores Timur, Flores, Manggarai, dan Manggarai Barat. 


DH

Lalu untuk wilayah yang meliputi kota Rote Ndao, Kupang, Timor, Timor Tengah Selatan, dan Timor Tengah Utara menggunakan kode DH pada plat kendaraannya. 


DR

Sementara itu, kode DR digunakan untuk plat nomor kendaraan yang berasal dari Lombok, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Barat, dan Mataram. 

  1. Kode Plat Nomor Kendaraan di Kalimantan

Meskipun menjadi salah satu wilayah yang paling luas di Indonesia, namun pulau Kalimantan hanya memiliki 5 kode plat nomor kendaraan yang digunakan, sesuai dengan jumlah provinsinya. Adapun kelima kode yang digunakan tersebut adalah;


KU

Sesuai dengan singkatan huruf yang digunakan, Anda mungkin sudah menduganya, bahwa kode ini digunakan untuk plat nomor kendaraan yang berasal dari wilayah Kalimantan Utara.


KT

KT digunakan untuk plat nomor kendaraan dari Kalimantan Timur.


KH

Kode plat nomor polisi KH menunjukkan bahwa sebuah kendaraan bermotor berasal dari area Kalimantan Tengah. 


KB

Untuk area Kalimantan Barat, kode plat nomor daerah yang digunakan adalah KB.


DA 

Hanya kode plat nomor daerah Kalimantan Selatan yang tidak sesuai dengan singkatan nama daerahnya, yaitu DA.

  1. Kode Plat Nomor Kendaraan di Sulawesi 

Sulawesi membagi plat nomor daerahnya menjadi tujuh kode berbeda. Rinciannya adalah sebagai berikut:


DC

Untuk area Sulawesi Barat, kendaraan bermotor menggunakan kode plat nomor DC.


DD

Plat nomor kendaraan bermotor untuk area Sulawesi Selatan.


DN

Untuk wilayah Sulawesi Tengah, kendaraan bermotor akan diberikan kode plat nomor DN.


DT 

Kendaraan dengan kode plat nomor DT berasal dari area Sulawesi Tenggara.


DL

Plat nomor kendaraan untuk area Sitaro, Talaud, dan Sangihe.


DM 

Untuk daerah Gorontalo, kendaraan bermotor akan diberikan kode plat nomor DM.


DB

Plat nomor kendaraan untuk area Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Selatan, Manado, Tomohon, Minahasa, dan Bitung. 


Baca Juga: Deretan Mobil Listrik yang Dijual di Indonesia

  1. Kode Plat Nomor Kendaraan di Sumatera 

Ada sebelas kode plat nomor kendaraan dari Sumatra. Masing-masing nomor plat dibagi untuk satu daerah di Sumatera. Berikut rinciannya:


BA

Provinsi Sumatera Barat adalah area yang menggunakan kode plat BA.


BB

BB adalah nomor kode plat nomor untuk daerah yang ada di Provinsi Sumatera Utara Bagian Barat. 


BD

Bengkulu adalah wilayah dengan plat nomor kendaraan BD.


BE

Daerah di Sumatera yang menggunakan nomor kode ini adalah Lampung.


BG

BG adalah kode plat kendaraan bermotor yang berasal dari Sumatera Selatan.


BH

Kode nomor polisi kendaraan BH untuk daerah Jambi.


BK

Kode BK dipakai untuk kendaraan bermotor daerah Sumatera Utara Bagian Timur.


BL  

Kode BL digunakan untuk plat nomor kendaraan untuk Aceh.


BM 

Plat nomor kendaraan untuk Riau.


BN

Plat nomor kendaraan untuk area Bangka Belitung. 


BP

Kode plat untuk Kepulauan Riau.

  1. Kode Plat Nomor Kendaraan di Maluku 

Cukup mudah untuk menghapal kode plat nomor dari Maluku karena hanya ada dua kode. Berikut ini adalah kode plat dari Maluku.


DE

Kode DE adalah kode plat nomor untuk kendaraan bermotor dari Maluku.


DG 

Kode DE digunakan untuk kendaraan bermotor asal Maluku Utara. 

  1. Kode Plat Nomor Kendaraan di Papua 

Terakhir, untuk wilayah Papua pun hanya ada dua kode plat nomor daerah berbeda. Selain itu, kode plat Papua sekilas sama dengan singkatan nama daerah tersebut, sehingga mudah diingat.


PA

Untuk area Papua, kendaraan bermotor akan diberi kode plat nomor PA.


PB

Terakhir, untuk Papua Barat, kendaraan bermotor akan menggunakan kode plat PB.


Demikian seluruh kode plat nomor kendaraan yang ada dan digunakan di Indonesia dengan jumlah total sebanyak 55 kode. Para pemilik kendaraan tidak dapat menggunakan kode lain  diluar dari kode-kode yang telah ditentukan tersebut. Namun, khusus untuk nomor setelah kode huruf tersebut, ternyata dapat disesuaikan dan dipesan sesuai keinginan. 

Plat Nomor Khusus untuk Kendaraan 

Di Indonesia terdapat peraturan yang memperbolehkan untuk memiliki nomor polisi atau Nopol khusus untuk kendaraan Anda. Terdapat beberapa kriteria yang disediakan, namun pastinya untuk dapat memiliki nomor khusus tersebut terdapat biaya tambahan yang diperlukan sesuai dengan kriteria yang dipilih. Biaya yang dibutuhkan pun terbilang cukup besar antara Rp10 juta hingga Rp20 jutaan, sehingga wajar jika plat dengan nomor khusus hanya digunakan oleh kendaraan-kendaraan yang terbilang mewah.


Kriteria NRKB (Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor) dengan pilihan satu angka dan tidak terdapat huruf setelahnya akan dikenakan biaya Rp 20 juta per bit. Sedangkan yang terdapat huruf setelahnya dikenakan Rp 15 juta. Untuk NRKB dua angka dan tidak disertai huruf dibelakangnya, dikenakan biaya Rp 15 Juta. Sedangkan yang terdapat huruf setelah angka dikenakan Rp 10 juta per bitnya.


Tertarik untuk memiliki plat nomor kendaraan khusus? Silakan kunjungi samsatkeliling.info untuk keterangan lebih lengkap.


Artikel ini disajikan oleh tim Auksi yang telah dihimpun dari berbagai sumber berita. Auksi sendiri merupakan perusahaan balai lelang kendaraan yang terdapat di Indonesia dengan pengalaman dan kredibilitas yang tinggi.


Jika ingin mencari mobil bekas dengan kondisi yang masih baik dan harga yang kompetitif, Anda dapat membelinya melalui kegiatan lelang yang kami selenggarakan. Auksi sebagai salah satu balai lelang mobil di Jakarta selalu mengadakan lelang mobil secara rutin. Anda dapat bergabung dengan kegiatan lelang baik offline maupun online untuk dapat memperoleh mobil bekas dengan harga yang terjangkau. Untuk mengetahui jadwal lelang yang kami adakan, silakan klik Informasi Lelang Mobil Auksi.