banner
section title

Detail Berita

INI PERBEDAAN TORSI DAN POWER, MANA YANG LEBIH PENTING?

12 April 2022

Ketika menilai performa suatu kendaraan, Anda dapat mengetahuinya dari torsi dan power yang mampu dihasilkan oleh mesin kendaraan tersebut. Jika Anda belum mengetahui apa perbedaan power dan torsi, silakan simak artikel berikut ini. Kami akan memberikan penjelasannya untuk Anda.


Saat Anda sedang mencari mobil baru, Anda mungkin akan sering mendengar istilah power (tenaga) dan torsi. Kedua hal tersebut memang penting untuk diketahui agar Anda bisa menilai bagaimana performa mesin mobil yang akan digunakan. 


Biasanya produsen mobil akan menjelaskan kinerja mesin dengan memberikan penjelasan terkait besaran torsi ataupun power mesin mobil tersebut. Contohnya seperti dengan menyebutkan bahwa mobil memiliki tenaga sebesar 91 HP dan torsi sebesar 120 Nm. Meskipun demikian, sampai saat ini masih ada banyak orang yang tidak memahami info spesifikasi yang sudah disampaikan serta tidak mengetahui perbedaan torsi dan power tersebut.


Perlu Anda ketahui, torsi ataupun power sama-sama berkaitan dengan energi yang dikeluarkan oleh mesin namun bahwa kedua istilah tersebut merupakan dua hal yang berbeda. Selain itu, penting untuk diketahui bahwa terdapat beberapa perbedaan penyebutan untuk satuan power dan torsi tergantung dari pabrikan mobil. Untuk tenaga, satuan yang digunakan adalah PS (Pferdestarke), HP (Horse Power), DK (Daya Kuda) atau TK (Tenaga Kuda). Sedangkan untuk torsi mobil, satuan yang digunakan adalah Nm (Newton Meter) dan Kgm (Kilogram Meter).

Apa Perbedaan Torsi dan Power ?

Torsi dan power adalah apa yang dihasilkan mesin saat Anda memutar kunci dan menekan pedal gas. Udara dan bahan bakar yang tersulut di ruang bakar menyebabkan poros engkol, transmisi, dan poros penggerak melakukan putaran.


Power dan torsi memang menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Itulah sebabnya, mengapa sampai saat ini masih ada banyak orang yang kesulitan untuk membedakannya. Untuk mengetahui apa perbedaan power dan torsi, ada baiknya jika Anda memahami arti dari kedua istilah tersebut terlebih dahulu.

Pengertian Torsi

Secara garis besar, torsi adalah energi atau dorongan yang dikeluarkan mesin dari kondisi mobil diam sampai kendaraan dapat bergerak. Dorongan tersebut terjadi antara piston dan poros engkol sehingga dapat menghasilkan suatu perputaran gerakan. Jadi, secara sederhana torsi dapat diartikan sebagai kemampuan suatu mesin untuk dapat melajukan kendaraan dari keadaan diam.


Fungsi utama dari torsi adalah untuk membuat kendaraan Anda dapat berakselerasi pada tahap awal mesin bergerak. Ketika sebuah mobil mampu menghasilkan torsi yang tinggi, maka semakin besar pula kemampuan mesin untuk dapat melakukan gerakan. 


Inilah sebabnya mengapa kendaraan seperti SUV sering menggunakan mesin yang mampu menghasilkan torsi tinggi. Torsi tinggi akan membantu powerplant bekerja dengan mudah terutama saat kendaraan mengangkut beban berat atau bergerak di tanjakan yang curam. 

Pengertian Power

Pengertian power adalah daya, tenaga, atau energi yang dikeluarkan secara berkelanjutan oleh sebuah mesin untuk bisa mencapai kecepatan tertinggi (top speed) dalam jangka waktu tertentu. Pada umumnya, mobil dengan power yang tinggi akan memiliki kecepatan yang lebih baik. Oleh sebab itulah, mengapa mobil-mobil balap umumnya memiliki power yang besar bahkan dapat mencapai ratusan HP (Horse Power) karena mobil tersebut sengaja didesain untuk dapat mengejar dengan kecepatan tertinggi. 


Perlu diketahui, kecepatan yang dihasilkan sangat dipengaruhi oleh panjang gagang di dalam mesin. Semakin panjang ukurannya, maka semakin sedikit tenaga yang dibutuhkan.


Dari penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa torsi dan power memiliki fungsi yang berbeda. Setiap mobil memiliki mesin yang mampu memberikan dorongan untuk menggerakan kendaraan. Dorongan yang dihasilkan oleh mesin tersebut disebut dengan torsi. Sedangkan kecepatan yang dihasilkan dari dorongan tersebut dinamakan sebagai power atau tenaga. 

Cara Menghitung Torsi dan Power 

Perlu Anda tahu, masing-masing mobil memiliki torsi dan power yang berbeda. Untuk mendapatkan nilai torsi (Nm), umumnya rumus yang digunakan adalah gaya berat dikalikan dengan jarak.


Sedangkan untuk mengetahui power (HP) yang dihasilkan suatu mesin maka rumus yang digunakan yaitu torsi dikalikan dengan rpm/5.252. Rpm pada rumus tersebut adalah singkatan dari revolutions per-minute dan 5252 adalah nilai ketetapan (konstanta) untuk daya motor. Jadi, tenaga di dalam mobil dapat dihasilkan dari torsi yang dilakukan putaran mesin. Ketika putaran mesin semakin cepat, maka tenaga mobil yang dihasilkan juga akan ikut meningkat.

Mana yang Lebih Penting? Torsi atau Power?

Baik torsi atau power sama-sama menjadi indikator untuk menilai seberapa baik performa sebuah mesin mobil. Namun ketika dihadapkan pada kondisi di mana Anda harus memilih mana yang lebih penting untuk diutamakan antara torsi dan power, maka Anda harus kembali melihat apa yang menjadi kebutuhan Anda. 


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, power atau tenaga berhubungan dengan kecepatan sedangkan torsi berhubungan dengan dorongan untuk menggerakkan mobil. Jadi, jika Anda ingin membeli mobil yang sering digunakan untuk perjalanan luar kota yang melalui jalan tol, maka Anda bisa mengutamakan power. Namun jika Anda membutuhkan mobil untuk keperluan di dalam kota atau untuk melalui jalan menanjak maka Anda bisa memilih torsi untuk diutamakan.


Selain itu, apabila Anda ingin membeli sebuah mobil komersial seperti mobil untuk travel yang mengangkut banyak penumpang, maka kendaraan tersebut sangat memerlukan torsi yang besar. Hal tersebut diperlukan karena mobil dengan banyak muatan lebih membutuhkan kekuatan daripada kecepatan. Kendaraan pengangkut beban juga pada umumnya akan menggunakan mesin diesel karena mesin tersebut mampu menghasilkan torsi yang lebih tinggi dibandingkan dengan mesin bensin.


Oleh sebab itulah, untuk memutuskan mana yang lebih penting antara torsi dan power maka Anda perlu memahami kebutuhan Anda terlebih dahulu. Setiap mobil memiliki torsi dan power yang berbeda-beda tergantung dari jenis dan fungsi mobil tersebut. Mobil city car dengan kapasitas penumpang yang sedikit tentunya akan membutuhkan torsi dan horsepower yang berbeda dengan mobil yang memiliki kapasitas penumpang lebih banyak.


Itu dia penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai perbedaan torsi dan power. Jika Anda sudah memahaminya, maka sekarang Anda bisa mulai mencari mobil dengan spesifikasi yang Anda inginkan. 


Saat ini, AUKSI mengadakan lelang mobil perusahaan dengan harga yang terjangkau. Di acara lelang ini, Anda dapat menemukan banyak pilihan unit mobil dari berbagai merek seperti Toyota, Suzuki, Daihatsu, Nissan, Honda, dan masih banyak lagi.


Mobil yang kami tawarkan adalah mobil bekas dengan kondisi yang masih layak pakai. Anda bisa klik link Lelang Mobil Murah untuk mengetahui daftar mobil yang akan ditawarkan.


Jika Anda tertarik untuk melakukan penawaran pada unit mobil lelang yang kami sediakan, Anda dapat mendaftar terlebih dahulu sebagai peserta lelang. Silakan klik Cara Ikut Lelang untuk mengetahui prosedur yang perlu Anda lakukan.