banner
section title

Detail Berita

JANGAN KELIRU, INI CARA MEMANASKAN MOBIL MATIC YANG BENAR & AMAN

21 September 2022

Para pemilik mobil dengan transmisi otomatis harus tahu bagaimana cara memanaskan mobil matic dengan benar. Hal ini wajib diperhatikan, agar performa mesin bisa selalu terjaga.


Seperti yang kita ketahui setiap pagi sebelum menggunakan kendaraannya, para pemilik mobil umumnya memiliki kebiasaan untuk memanaskan mobil selama 5 hingga 10 menit. Hal tersebut dilakukan agar oli pelumas bersirkulasi di dalam mesin sehingga mobil bisa memiliki kinerja yang baik ketika digunakan.


Mobil-mobil keluaran terbaru sebenarnya sudah tidak perlu dipanaskan sebelum digunakan. Mobil tersebut pada umumnya sudah menggunakan teknologi terbaru yang lebih canggih seperti ECU atau Electronic Control Unit yang dapat membantu mesin bekerja secara optimal dalam kondisi apapun. Selain itu, mobil keluaran terbaru saat ini juga sudah banyak yang menggunakan valve adjuster untuk menahan oli agar tidak turun ke penampungan. Dengan demikian, saat mesin mobil dinyalakan maka oli bisa langsung melumasi bagian-bagian mesin dan bisa lebih cepat naik ke seluruh ruang mesin. 


Meskipun begitu jika Anda ingin memanaskan mobil maka Anda perlu melakukannya secukupnya saja dan tidak perlu terlalu lama. Nah, untuk mobil-mobil keluaran lama memanaskan mobil masih tetap perlu dilakukan agar pelumasan bisa tersebar ke seluruh komponen. 


Baca Juga: Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic yang Perlu Anda Ketahui

Apakah Mobil Matic Perlu Dipanaskan Sebelum Digunakan?

Ketika mobil matic jarang digunakan atau tidak digunakan dalam waktu yang lama, maka mobil perlu dipanaskan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kinerja mesin agar bisa tetap optimal. Perlu diketahui bahwa memanaskan mesin mobil dapat membuat daya pada aki menjadi terisi kembali. Selain itu, cara ini juga dapat membantu menghindari terjadinya gesekan antar logam yang bisa mempercepat timbulnya aus pada komponen mesin mobil Anda.


Manfaat Memanaskan Mobil sebelum Digunakan


Baik mobil matic ataupun manual, sama-sama perlu dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan. Berikut adalah beberapa manfaatkan yang bisa diperoleh.

1. Dapat menghindari kebocoran kompresi

Terdapat komponen tertentu pada mesin yang sengaja dibuat tidak presisi. Komponen tersebut nantinya bisa menjadi presisi saat terkena panas. Nah, jika mobil tidak digunakan dalam waktu yang lama, maka komponen mesin yang tidak presisi bisa menjadi penyebab kebocoran. Oleh karena itulah, mobil perlu dipanaskan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kebocoran kompresi.


2. Agar mesin tidak aus

Saat mobil tidak digunakan, maka oli akan ada di tempat tampungan sehingga bagian atas mesin menjadi mengering. Padahal, komponen mesin membutuhkan oli sebagai pelumas ketika bergerak. Akibatnya, mesin bisa menjadi cepat aus sehingga bisa menimbulkan suara berisik ketika mesin dinyalakan.


Untuk menghindarinya, mobil perlu dipanaskan terlebih jika mobil sudah tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Dengan cara ini, oli bisa mencapai celah-celah mesin sempit yang perlu dilumasi.


3. Untuk mengisi daya aki

Manfaat memanaskan mobil yang selanjutnya adalah untuk mengisi daya aki. Perlu diingat bahwa ketika mobil tidak digunakan dalam waktu yang lama bisa membuat aki menjadi melemah. Oleh sebab itulah, Anda perlu memanaskan mobil agar daya listrik yang tersimpan di dalam aki bisa meningkat. 


Baca Juga: Cek di Sini Cara Mengemudi Mobil Matic di Tanjakan dan Turunan dengan Aman 


Cara Memanaskan Mobil yang Aman dan Benar

Mobil matic pada dasarnya adalah mobil dengan transmisi otomatis sehingga Anda tidak membutuhkan kopling serta tuas untuk melakukan perpindahan gigi. Komponen mobil matic berbeda dengan mobil manual. Jadi, cara memanaskan mobil matic pun berbeda dengan mobil yang menggunakan transmisi manual.


Nah, jika Anda memiliki mobil dengan transmisi otomatis, berikut cara memanaskan mobil matic yang perlu diperhatikan:


1. Nyalakan mesin mobil dan atur tuas di posisi P

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyalakan mesin mobil terlebih dahulu. Setelah mobil menyala, Anda bisa mengatur tuas transmisi di posisi P. 


Perlu diketahui, mode P sendiri adalah mode park atau parkir pada mobil matic yang biasanya digunakan saat Anda akan memarkir atau meninggalkan kendaraan, atau ketika mobil akan berhenti dalam waktu yang lama. Anda bisa memanfaatkan fungsi pengunci pada transmisi P ini agar mobil bisa tetap diam sehingga tetap aman ketika dipanaskan.


2. Biarkan mobil dalam posisi idle

Setelah Anda mengatur tuas transmisi di posisi P maka mobil tidak akan mudah bergerak karena ada cengkraman mesin ke transmisi. Selanjutnya, cara memanaskan mobil matic adalah dengan membiarkannya dalam posisi idle atau langsam untuk efisiensi bahan bakar. Jadi, Anda tidak perlu memainkan pedal gas. 


3. Jangan terlalu lama memanaskan mobil matic

Perlu diingat bahwa memanaskan mobil tidak perlu dilakukan dengan durasi yang lama. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja. Selama durasi tersebut, daya aki akan terisi kembali dan oli juga akan mengalir pada seluruh komponen mesin.


4. Pindahkan transmisi ke posisi D untuk berkendara

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka mobil sudah siap untuk digunakan. Untuk mulai mengendarainya, Anda bisa memindahkan tuas transmisi ke posisi D atau driver. Dengan begitu, mobil bisa mulai bergerak maju. 


Itu dia cara memanaskan mobil matic yang benar dan aman. Baik mobil matic ataupun mobil manual perlu dipanaskan, terlebih jika mobil Anda jarang digunakan. Apabila Anda sibuk, setidaknya luangkan waktu sekitar 1 kali dalam seminggu untuk memanaskan mobil agar kinerja mesin bisa tetap terjaga. Durasi memanaskan mobil pun tidak perlu terlalu lama untuk efisiensi penggunaan bahan bakar. 


Apabila saat ini Anda sedang mencari mobil bekas dengan transmisi matic ataupun manual, AUKSI sedang mengadakan kegiatan lelang mobil bekas yang masih layak digunakan. Kami menyediakan beragam jenis mobil mulai dari MPV, SUV, city car, dan lain-lain. Merek mobil yang tersedia pun sangat lengkap sehingga Anda bisa menemukan mobil yang Anda inginkan.


Jika Anda tertarik untuk mengikuti kegiatan lelang ini, silakan cek atau klik Lelang Mobil Perusahaan untuk mengetahui jadwal lelang yang akan diadakan. Tidak perlu khawatir, AUKSI adalah balai lelang mobil resmi di Indonesia dengan sistem lelang yang aman dan prosedur mudah. Anda bisa mempelajarinya dengan klik link berikut Cara Ikut Lelang.


Jadi, tunggu apa lagi? Segera registrasi sebagai peserta lelang dan dapatkan kesempatan untuk memenangkan mobil lelang dengan harga yang murah.