Ada begitu banyak pilihan mobil bekas taksi yang bisa Anda beli seperti Toyota Limo, Toyota Camry, dan masih banyak lagi. Meskipun ada banyak pilihan mobil yang tersedia, ada baiknya jika Anda mempelajari kelebihan dan kekurangan mobil bekas taksi sebelum memutuskan untuk membelinya.
Meskipun mobil bekas taksi sering kali disebut sebagai "mobil capek" namun hingga saat ini mobil tersebut masih memiliki peminat. Bahkan di tahun 2020 yang lalu jumlah pembeli mobil eks taksi mengalami peningkatan. Hal tersebut terjadi karena masyarakat khawatir dengan penyebaran virus Covid-19 ketika harus menggunakan transportasi umum dan mereka menginginkan kendaraan pribadi dengan harga yang murah.
Perlu Anda ketahui, dalam kurun waktu tertentu perusahaan taksi akan melakukan peremajaan pada unit kendaraan yang dimilikinya. Oleh karena itulah, banyak perusahaan taksi yang akan melepas unit kendaraannya ke balai lelang mobil untuk dijual.
Nah, jika Anda saat ini juga berminat untuk membeli mobil bekas taksi, ada baiknya apabila Anda memahami terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan mobil bekas taksi. Dengan demikian, Anda dapat membuat keputusan yang tepat.
Kelebihan mobil bekas taksi yang pertama adalah harganya yang murah. Poin inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa banyak orang memutuskan untuk membeli mobil eks taksi.
Untuk harganya sendiri cukup beragam. Bahkan, sudah ada banyak mobil bekas taksi yang dijual dengan harga Rp 50 jutaan seperti Toyota Etios Valco atau Nissan Almera. Selain itu, perlu Anda ingat bahwa saat ini sudah banyak taksi mewah yang menggunakan mobil-mobil premium seperti Alphard atau Mercedes-Benz. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan mobil mewah dengan harga yang lebih terjangkau.
Mobil taksi adalah kendaraan yang dipergunakan untuk melayani pelanggan. Jadi, perusahaan taksi akan memberikan perawatan yang baik untuk seluruh armada kendaraannya.
Untuk memastikan bahwa penumpang bisa merasa nyaman dan aman ketika menggunakan jasanya, mereka akan menjaga kebersihan kendaraan, melakukan perawatan mesin secara rutin, memastikan seluruh fitur mobil dapat bekerja, dan masih banyak lagi. Dengan demikian, maka besar kemungkinan jika Anda tetap bisa mendapatkan mobil bekas taksi dengan kondisi yang baik dan layak untuk digunakan.
Perlu Anda tahu bahwa daripada mobil atas nama pribadi, pajak mobil atas nama perusahaan cenderung lebih murah. Selain itu, mobil atas nama perusahaan juga tidak dikenakan pajak progresif. Keuntungan ini hanya bisa diperoleh selama mobil yang dipergunakan masih menggunakan nama perusahaan atau PT.
Baca Juga: Daftar Mobil Bekas Harga di Bawah 50 Juta dan Tips Sebelum Membelinya
Apabila Anda membeli mobil bekas taksi dan tidak melakukan balik nama ke nama pribadi, maka proses perpanjangan pajak atas nama PT cenderung lebih rumit karena Anda juga harus mempersiapkan beberapa dokumen tambahan. Beberapa di antaranya seperti NPWP perusahaan, SIUP perusahaan dan TDP perusahaan (untuk kendaraan atas nama perusahaan), dan lain-lain. Oleh sebab itu, jika Anda dinyatakan menang lelang dan mendapatkan mobil bekas taksi, maka sebaiknya Anda segera melakukan balik nama agar pembayaran pajak kendaraan bisa dilakukan dengan lebih mudah.
Kekurangan mobil bekas taksi yang selanjutnya adalah fitur yang terbatas. Perlu Anda ketahui bahwa umumnya mobil bekas taksi tidak memiliki banyak fitur di dalamnya. Misal, sebagian unit bekas taksi belum dilengkapi dengan power window sehingga untuk membuka jendela maka Anda perlu melakukannya secara manual dengan menggunakan engkol.
Mobil bekas taksi memang sering kali disebut sebagai "mobil capek" karena telah dipergunakan untuk menempuh jarak yang jauh. Biasanya, mobil bekas dengan kilometer tinggi akan memiliki beberapa masalah seperti performa mesin yang sudah menurun, banyak komponen mobil sudah mengalami kerusakan, dan lain-lain.
Oleh karena itu, saat membeli mobil bekas taksi maka pastikan untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh agar Anda dapat mengetahui kondisi mobil yang sebenarnya. Anda juga bisa mengajak seorang mekanik untuk membantu melakukan inspeksi kendaraan dengan baik.
Setelah Anda mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan mobil bekas taksi, Anda dapat membuat keputusan apakah akan tetap membelinya. Jika Anda memang berminat untuk membeli mobil tersebut, berikut adalah beberapa rekomendasi mobil bekas taksi yang bisa Anda pertimbangkan.
Toyota Limo adalah mobil sedan yang diproduksi oleh Toyota. Untuk spesifikasi mesinnya, mobil ini menggunakan mesin 2NR-FE, 4 Cylinders in-line, 16 Valve, DOHC Dual VVT-i, dengan kapasitas silinder 1.496 cc. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 107 Ps / 6000 rpm.
Nissan Almera termasuk mobil bekas taksi murah. Mobil ini menggunakan mesin dengan kapasitas 1.500 berkode HR15DE dan transmisi manual 5 speed. Mesin tersebut menghasilkan tenaga maksimum sebesar 102 Ps / 6.000 rpm.
Nah jika Anda ingin membeli mobil bekas premium, maka Anda bisa memilih mobil bekas taksi yang menggunakan Toyota Alphard. Mobil ini ditenagai dengan mesin bertipe 2AR-FE DOHC Dual VVT-I berkapasitas 2.494 cc yang dapat menyemburkan tenaga maksimal mencapai 180 Ps / 6.000 rpm. Mobil ini termasuk mobil dengan performa mesin yang kuat.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kelebihan dan kekurangan mobil bekas taksi. Tidak masalah jika Anda memang berminat untuk membelinya karena saat ini ada banyak mobil bekas taksi dengan kondisi layak pakai. Pastikan Anda melakukan pemeriksaan secara menyeluruh agar Anda bisa mengetahui kondisi mobil yang akan Anda beli.
AUKSI sendiri dalam menyelenggarakan lelang mobil bekas akan memberikan kesempatan kepada para peserta untuk bisa memeriksa kondisi mobil secara langsung melalui kegiatan open house. Di sini, para peserta bisa memeriksa kondisi mesin, eksterior, dan interior mobil.
Apabila Anda tertarik untuk membeli mobil bekas dengan harga yang terjangkau, silakan ikuti kegiatan lelang kami. AUKSI menyediakan kegiatan lelang mobil online dan offline dengan prosedur yang aman. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan lelang mobil ini, silakan klik Informasi Lelang Mobil.