banner
section title

Detail Berita

MENGENAL APA ITU CONTRA FLOW, REKAYASA LALU LINTAS SAAT LIBUR NATARU

28 Desember 2022

Istilah contra flow memang sering kita dengar ketika memasuki musim libur panjang seperti saat ini. Nah, jika Anda belum mengetahui apa itu contra flow, silakan simak artikel kami berikut. Kami akan memberikan penjelasannya untuk Anda.


Perlu Anda ketahui bahwa Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) yaitu Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menyatakan bahwa pihaknya akan menerapkan skema rekayasa lalu lintas di jalan tol saat libur Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Sigit menambahkan bahwa skema yang akan diterapkan adalah rekayasa contra flow hingga one way. Nantinya, penerapan rekayasa lali ini akan diputuskan bersama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI dan juga Jasa Marga. Pihak Polri juga akan menyosialisasikan ke masyarakat terlebih dahulu sebelum menerapkan skema rekayasa lalu lintas tersebut.


Agar Anda dapat memahami bagaimana cara kerja dari rekayasa lalin yang akan diterapkan, maka pada artikel berikut kami akan memberikan penjelasan terkait apa itu contra flow. Silakan simak penjelasan kami berikut.

Apa Itu Contra Flow?

Contra flow adalah sistem rekayasa lalu lintas yang dilakukan dengan cara mengubah arah normal arus kendaraan pada suatu jalan raya menjadi melawan arus. Rekayasa lalu lintas ini umumnya digunakan untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan di jalan.


Sebagai contoh, jalan yang menuju ke arah timur mengalami kemacetan, sedangkan jalan ke arah barat masih sangat lenggang. Nah, saat rekayasa contra flow ini diterapkan, maka kepadatan kendaraan akan diurai atau dikurangi dengan cara membaginya ke sebagian jalan ke arah barat. Perlu diketahui, bahwa pembagian lajur tidak akan sepenuhnya menutup jalan ke arah barat. Dengan cara ini, penumpukan kendaraan pada jalan ke arah timur dapat dikurangi dengan memanfaatkan sebagian lajur ke barat. 


Cara kerja rekayasa contra flow berbeda dengan rekayasa one way. Sesuai dengan namanya, rekayasa one way akan mengubah semua lajur menjadi satu jalur searah. Jadi, ketika rekayasa one way ini diberlakukan, maka lajur jalan lain sepenuhnya akan dipergunakan untuk mengurai kemacetan.


Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa rekayasa contra flow ini juga dapat diterapkan untuk memberikan akses pada kendaraan tertentu yang mengalami kondisi darurat. Contohnya seperti mobil ambulance, mobil pemadam kebakaran, atau yang lain.

Baca Juga: Apa Itu Tilang Elektronik? Bagaimana Cara Kerjanya? Cek Infonya di Sini!

Tujuan Contra Flow Diberlakukan

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, contra flow adalah rekayasa lalin untuk mengurangi penumpukan kendaraan. Meskipun demikian, contra flow ini juga dapat diterapkan untuk berbagai keperluan. Berikut adalah beberapa tujuan yang mendasari pemberlakukan rekayasa lalu lintas ini:


  • Untuk menghindari kemacetan atau kepadatan kendaraan di beberapa titik ruang jalan.

  • Agar jalan-jalan tikus tidak dipadati oleh kendaraan, di mana jalan tersebut belum tentu memiliki rambu-rambu yang lengkap.

  • Memberikan waktu tempuh yang lebih efisien bagi para pengendara.

Perkiraan Kepadatan Kendaraan & Penerapan Contra Flow Saat Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023

Menjelang libur hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pihak Korlantas Polri telah melakukan berbagai persiapan untuk memberikan kelancaran dan keselamatan para pengendara dalam berlalu lintas. Dikutip dari republika.co.id, diketahui bahwa Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan survey jalur dari Jakarta hingga Serang dan Jakarta Cirebon hingga Jawa Timur. 


Brigjen Pol Aan Suhanan juga mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan evaluasi pada liburan lebaran yang lalu dan mengetahui bahwa rest area sering kali menjadi titik trouble spot. Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan beberapa langkah antisipasi dan melakukan upaya koordinasi dengan pengelola untuk mengatur keluar masuk kendaraan ke rest area.


Penerapan rekayasa lalin seperti contra flow ataupun one way akan diberlakukan secara situasional. Korlantas Polri sendiri sudah memiliki indikator yang bisa digunakan untuk memutuskannya yaitu ketika kendaraan melebihi 2.500 dalam 1 jam di jalur tol maka akan diberlakukan contra flow pada 1 lajur, sementara jika ternyata melebihi 6.000 kendaraan maka akan diterapkan di 2 lajur.


Untuk rekayasa contra flow disiapkan untuk mengantisipasi kepadatan antrean masuk di rest area. Hal ini dilakukan karena di libur Nataru kali ini diprediksikan akan ada kenaikan volume lalu lintas yang lebih besar dibandingkan arus libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Selain itu, perlu diketahui bahwa arus libur Nataru tahun ini juga diprediksi akan terbagi menjadi tiga gelombang kepadatan yaitu pada tanggal 16 sampai 18 Desember, 22 hingga 25 Desember, dan 29 Desember sampai 2 Januari 2023.


Brigjen Pol Aan Suhanan menghimbau agar pengendara bisa tetap disiplin pada lajur yang sudah disediakan serta harus selalu patuh terhadap protokol kesehatan karena Covid-19 masih ada di sekitar kita. Saat ini kita juga masih berada di musim penghujan, maka kemungkinan bencana tanah longsor dan banjir masih tetap ada.Jadi, diharapkan agar pengendara bisa tetap waspada dan berhati-hati. Selain itu, persiapkan juga saldo e-toll agar kendaraan Anda tidak menghambat di pintu keluar. 


Baca Juga: Yuk Kenali Fungsi, Tipe & Fasilitas Rest Area Sebelum Liburan ke Luar Kota

Libur Nataru memang menjadi momen dinantikan oleh banyak orang karena dapat dimanfaatkan untuk berlibur bersama keluarga ataupun teman. Meskipun demikian, Anda harus tetap waspada dan berhati-hati selama berkendara agar bisa menikmati masa liburan ini dengan aman dan nyaman. Dengan informasi di atas, Anda dapat mengetahui apa itu contra flow sehingga ketika rekayasa lalu lintas tersebut diterapkan, maka Anda bisa mengikutinya dengan benar. 


Jika di tahun 2023 mendatang Anda ingin membeli mobil bekas berkualitas, Anda bisa bergabung sebagai peserta lelang mobil di AUKSI. Setiap minggunya kami menyediakan ratusan mobil lelang dari beragam jenis mobil mulai dari MPV, SUV, mobil box, sedan, dan masih banyak lagi. 


Anda tidak perlu khawatir, AUKSI adalah balai lelang mobil tepercaya di Indonesia yang menyediakan sistem lelang yang aman dan profesional. Silakan klik Informasi Lelang Mobil untuk mengetahui jadwal lelang mobil yang akan kami laksanakan. Anda juga bisa menghubungi tim kami secara langsung untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.